Selasa, 27 Desember 2016

Top 5 YA Books 2016 | New Year Count Down Day 5


Hello! Welcome back to New Year Count Down Day 5. Kali ini aku ingin membagikan pada kalian 5 nama buku dengan genre Young Adult favorit yang telah kubaca di tahun 2016. Aku cukup banyak membaca buku bergenre ini, mungkin karena sedang mood atau memang bukunya sangat bagus hingga membuat aku suka dengan label genre ini. Di luar negeri, buku-buku genre young adult sangat disukai dan virusnya menyebar hingga ke negeri ini. Buku-buku young adult banyak jadi objek foto di Instagram dan paling menyedot banyak voters di Goodreads Choice Award lalu. 

Dulu saya mengira teenlit adalah nama lain dari young adult. Karena keduanya sama-sama fokus pada kisah para remaja. Tapi pandangan itu akhirnya terpatahkan, bahwasanya teenlit tidak sama persis dengan young adult. 


Dikutip dari Goodreads ...

Young-adult fiction (often abbreviated as YA) is fiction written for, published for, or marketed to adolescents and young adults, roughly ages 13 to 18.

Young-adult fiction, whether in the form of novels or short stories, has distinct attributes that distinguish it from the other age categories of fiction. The vast majority of YA stories portray an adolescent as the protagonist, rather than an adult or a child. The subject matter and story lines are typically consistent with the age and experience of the main character, but beyond that YA stories span the entire spectrum of fiction genres. The settings of YA stories are limited only by the imagination and skill of the author.

Themes in YA stories often focus on the challenges of youth, so much so that the entire age category is sometimes referred to as problem novels or coming of age novel. Writing styles of YA stories range widely, from the richness of literary style to the clarity and speed of the unobtrusive. Despite its unique characteristics, YA shares the fundamental elements of fiction with other stories: character, plot, setting, theme, and style.
Sementara Wikipedia berkata ...
Young adult fiction or young adult literature (YA is fiction published for readers from 14 to 21. However, authors and readers of "young teen novels" often define it as written for those aged 15 to the early 20s.The terms young adult novel, juvenile novel, teenage fiction, young adult book, etc. refer to the works in this category. The subject matter and story lines of young adult literature are typically consistent with the age and experience of the main character, but this literature spans the spectrum of fiction genres. Stories that focus on the specific challenges of youth are sometimes referred to as problem novels or coming-of-age novels.
Terlihat beda tipis pengertian dari kedua sumber tersebut. Apapun perbedaannya, bukankah yang terpenting bagaimana menikmati cerita yang disuguhkan dalam bukunya?

Berikut ini adalah Top 5 Young Adult Books 2016 versi Booch Con's.

5. A Monster Calls - Patrick Ness


A Monster Calls adalah buku pertama karya Patrick Ness yang saya baca. Saya kira ini hanya novel horor biasa, tapi covernya sangat menipu. Ini kisah tentang seorang bocah lelaki yang tiap tengah malam didatangi oleh monster pohon yew yang tumbuh di pekarangan kuburan. Makhluk itu menuntut kebenaran, Conor si bocah berusia 13 tahun itu awalnya mengira itu semua mimpi. Ketakutan, kesedihan dan rapuh. itulah yang aku dapatkan dari membaca kisah Conor. Buku ini termasuk yang terbaik yang kubaca. 

4. Jurnal Jo series - Ken Terate


Ken Terate sudah lama menulis kisah remaja. Di tahun ini aku kemba;li membac ulang seri Jurnal Jo, rasanya tidak terlalu membosankan. Buku yang kini sudah masuk obralan itu tetap enak dinikmati dan mengajarkan pembacanya hal-hal kecil dari sudut pandang gadis SMP. Aku suka dengan gaya bercerita Ken yang kaya akan sarkas, tidak lebai dan tokoh utamanya yang sederhana dan apa adanya. Aku akan sangat merindukan serial ini, tidak ingin hanya berhenti di Episode Cinta. 

3. By The Time You Read This, I’ll be Dead - Julie Anne Peters



Buku ini mengangkat tema bulliying sebagai inti ceritanya. Bukan hanya tekanan tentang itu, tapi buku ini juga menyoroti tokoh utamanya- Daelyn yang bertekad kuat untuk mengakhir hidup. Ia sangat menderita dengan bobot tubuhnya yang besar, menjadi bahan ejekan dan orang tua yang tidak bisa memahami dirinya. Aku sangat merasakan kekalutan yang dirasakan Daelyn. Tapi tidak habis pikir juga dengan keputusan yang ia pilih. Aku sangat suka buku ini. 

2. I Love You, Kkoma

Buku ini berhasil bikin aku begadang dan melewatkan nonton perebutan tiket semifinal bulu tangkis di Olimpiade Rio pada Agustus lalu. Di Jepang buku ini sudah terbit sejak tahun 2005, meskipun begitu aku sangat suka dengan kesederhanaan cerita kisah cinta diam-diam Jeong Da-um dan Seong-chan. Bertemakan kisah cinta dua orang sahabat yang saling memendam rasa, saling bertengkar dan penantian, buku ini sangat aku favoritkan. Bukan hanya karena aku relate dengan kisah mereka berdua, tapi ada di cara penulis merangkai ceritanya.

1. A & D


Satu-satunya novel jebolan Wattpad di daftar ini. Aku cukup lama menunda membaca buku ini. Karena popularitas buku-buku jobolan wattpad bertebaran dimana-mana. Bertemakan kisah persahabatan yang sudah terjalin sejak kecil, dimana kedua tokohnya bagaika langit. Aaron si atlet sekaligus bintang sekolah dan Dakota gadis nerd yang dianggap tidak berarti di sekolah ternama. Kisahnya sangat sederhana, tidak lepas dari kecemburuan, persahabatan dan cinta diam-diam. Tapi ini bukan kisah yang sederhana seperti yang kalian bayangkan, kedua tokohnya berusaha saling melindungi dan menguatkan. Dakota yang dipandang sebelah mata tetap menguatkan Aaron walaupun cowok itu tidak menganggapnya lebih dari sekedar sahabat. 

Itulah kelima buku young adult paling favorit di tahun 2015, hampir semua adalah penulis yang belum pernah kubaca karyanya sebelumnya. Pada pandangan pertama mereka berhasil meluluhkan hatiku. hehehe. Sebenarnya masih ada beberapa yang menarik dan tidak boleh dilewatkan, seperti Cinder, Scarlet, Cress dan Winter - Marissa Meyer, Kastil Es dan Air Mancur Yang Berdansa - Prisca Primasari, dan yang cukup berat Being Henry David bahkan yang tema beda agama pun ada Tell Your Father, I am Moslem -
Hengki Kumayandi.

Kalau kalian, apakah ada yang favorit dan memiliki kesamaan denganku? Share yuk buku favorit kalian di tahun 2016 ini, tulis di kolom komentar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...