Rabu, 28 Desember 2016

Top 4 K-Iyagi Books I Read in 2016 | New Year Count Down Day 6


Annyeong haseyo. Sekarang kita masuk New Year Count Down Day 6! Tidak terasa tinggal empat hari lagi tahun berganti. Sedang sibuk apa kalian? Kalau kalian tanya aku, sekarang aku sedang simalakama. Aku berada di dua dunia. Aku dengan Haru Reading Challenge yang sedang kuikuti dan pekan UAS yang sudah di depan mata. Menjelang akhir tahun aku disibukkan dengan kegiatan dan deadline pengumpulan tugas. Aku jadi sadar ternyata banyak waktu luang yang terbuang percuma di tahun ini. Bahkan target bacaanku pun belum menyentuh angka 'aman', Astaga! *Pijit-pijit kening*

Kalian sudah tahu belum tentang Haru Reading Challenge? itu adalah tantangan membaca yang yang diadakan penerbit Haru setiap tahunnya. Buku-buku yang diikutkan dalam challenge ini tentunya adalah terbitan Haru. Kalian bebas memilih buku apa yang ingin dibaca, dari label manapun dan dari tahun berapun. Selama kalian menuliskan resensi dan merekapnya di akhir tahun nanti.
Aku sangat terkesan karena penerbit Haru punya label genre pada setiap bukunya. Hal yang tidak dimiliki oleh penerbit lokal manapun. Antara lain K-iyagi, J-Lit, K-Toon, M-Novel, Thai-story dan Phil-fict. Semua label itu mewakili setiap negara besar di benua Asia. Yang akan aku bahas kali ini adalah label K-Iyagi.

K-Iyagi adalah label buku yang diterjemahkan dari Korea. K yang berarti singkatan dari Korea, sedang ‘iyagi’ artinya adalah ‘cerita’ dalam bahasa Korea. Karena ini cerita terjemahan Korea, tema yang diangkat tidak lepas dari romansa kaum urban, profesi dan isu sosial. 

Berikut ini 4 buku berlabel K-iyagi yang kubaca dan kufavoritkan. Silakan dibaca ulasannya dengan mengklik pada judul.




Ini adalah kali pertama aku membaca karya Hyun Go Wun. Aku membaca buku ini alasannya pun aku melihat covernya imut. Lalu aku sudah penasaran dengan siapa itu Hyun Ho Wun sejak tahun lalu, setelah pembaca di fanpage Haru memfavoritkan penulis ini. Untuk kesan pertama membaca karya Hyun Go Woon aku langsung menyukainya. Buku ini sangat mudah diikuti dan aku membacanya mengalir begitu saja. Terjemahannya pun bersih, hal yang tidak perlu diragukan dari penerbit Haru.

3. The Last 2%

Satu lagi buku keluaran lama Haru yang aku baca. Yang aku baca ini adalah edisi cover barunya. Kim Rang, aku belum pernah membaca karyanya sebelum ini, tapi buku The Last 2% ini punya daya tarik terutama tokoh utamanya yang adlah seorang quiz hunter (sepertiku). Penulisnya membikin buku ini terasa sempurna, mulai dari apa yang terjadi pada tokoh-tokohnya dan kehidupan mereka yang seolah jauh dari kesan nyata. Tapi bukankah dunia fiksi itu tidak terbatas dengan realita? Tetap saja aku menyukai buku ini karena menghibur dan menarik.  Sayangnya aku belum mengulas buku ini. Mungkin esok hari aku semangatku untuk mengulasnya akan bangkit kembali.





 Kisah persahabatan dua orang anak SMA yang tidak mampu mengutarakan perasaannya. Terlihat sebagai tema yang umum bukan? Tapi sesederhana itulah aku menyukai buku ini. Aku sangat mengerti keresahan hati Seong-chan yang selama ini telah menyukai Jeong Da-um, tapi gadis itu malah menjodoh-hodohkannya dengan sahabat perempuannya. Dan aku merasa geregetan dan menyebut Jeong Da-um bodoh karena tidak menyadari kode dan perhatian yang selama ini ditujukkan padanya. Buku ini berhasil membuatku menitikkan air mata. Jangan hanya memikirkan diri sendiri atau merasa malu dengan dirimu. Karena di luar sana bahkan yang terdekat sekalipun bisa jadi menyimpan perhatian padamu. 


Buku ini berhasil membikin aku sakit perut dan menahan napas sesudahnya karena dibuat tertawa sepanjang ceritanya. Aku mendapatkan buku ini sebenarnya dari hasil pinjam salah seorang teman, dan sedih sekali aku hanya sebatas meminjam karena buku ini pantas untuk dimiliki sendiri. Aku harap akan menemukan buku ini dan beli sendiri nanti, entah saat Haru datang ke Jakarta suatu hari nanti. Buku ini hanya boleh dibaca untuk yang sudah mampu berpikir selektif dan menahan iman, karena cukup banyak pembahasan tentang seks dan adegan 'kipas-kipasnya' :D hahaha. 


Itulah buku-buku K-iyagi yang telah kubaca. Aku sangat berharap akan mendapat kesempatan membaca karya penulis-penulis itu lagi suatu hari nanti. Adakah buku favorit yang juga ingin kamu rekomendasikan untukku? Silakan berkomentar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...