Jumat, 02 Desember 2016

Movie Adaptation Fallen by Lauren Kate

Judul : Fallen
Cast : Addison Timlin, Jeremy Irvine, Harrison Gilbertson, Joely Richardson, dan Juliet Aubrey.
Sutradara : Scott Hicks
Adaptasi dari : Fallen karya Lauren Kate
Penulis Naskah skenario / Novel Film: Nichole Millard / Lauren Kate
Genre / Jenis Film: Drama, Fantasy, Romance, Angel
Rate : 8/10

Rilis di Indonesia : 9 Desember 2016

Lucinda Price (Addison Timlin) tidak punya pilihan selain mengikuti keputusan persidangan bahwa ia harus dikirim ke asrama sekolah khusus anak-anak yang membuat ulah. Namanya Sword & Cross, mereka yang dikirim kesana adalah orang-orang yang pernah tersandung kasus dan masalah sebagai upaya dari pengadilan untuk memberi kesempatan bagi mereka untuk tetap mendapatkan pendidikan layaknya orang normal. Lucinda atau Luce memilih untuk menerima keputusan itu ketimbang harus kembali ke sekolah lamanya.

Di hari pertama masuk Luce sudah dikejutkan dengan dua orang pria yang rasanya pernah ia temui sebelumnya. Cam (Harrison Gilbertson), pemuda dengan sorot mata tajam yang diam-diam memperhatikan Luce. Ia tidak pernah masuk kelas namun Luce tahu Cam mencoba mendekatinya. Cam menjanjikan sebuah jawaban yang Luce ingin sekali ketahui. Dan tidak ada alasan baginya untuk tidak mempercayai pemuda itu.

Pertengkaran kecil di koridor dengan gadis aneh berambut merah menyala Molly membuat Luce harus mendapat hukuman. Walaupun pertengkaran itu bukan Luce yang memulai tapi hukuman membersihkan lapangan tetap harus ia terima. Saat sedang memenuhi hukuman itu, sebuah patung roboh tepat diatas kepala Luce. Tapi seorang pemuda menyelamatkannya dari maut dan meninggalkan tanya besar, Luce seperti pernah mengenalnya. Namanya Daniel Grigori (Jeremy Irvine) dan semenjak insiden itu Luce tidak pernah melupakannya. Luce yakin betul ia pernah bertemu dengan Daniel sebelumnya, walaupun Daniel menyangkal hal itu. 

Tinggal di asrama seperti Sword & Cross tidaklah mudah. Apalagi jika kamu adalah gadis dengan ingatan  masa lalu yang membuatmu hampir mati karenanya. Tapi beruntung Luce memiliki seorang sahabat yang mau berteman dengannya dan menerima keanehannya. Namanya Penn dan ia tidak bisa berhenti bicara panjang lebar. Penn yang mengajak Luce ke pesta dan ikut latihan anggart bersama. Berkatnya dan Todd kepingan misteri tentang siapa Luce dan Daniel sebenarnya terungkap. Ada benang merah yang menghubungkan mereka dan kutukan yang mengintai mereka jika Daniel dan Luce bersama.

Awalnya saya tidak berkeinginan untuk menonton film ini. Saat keluarga PNFI menyebut film Fallen ini akan segera rilis saya mulai mencari keberadaan bukunya (yang versi cover lama) tapi sayangnya sudah tidak dicetak lagi T,T. Saya mencoba alternatif baru dengan mencari ke Big Sale Gramedia di Mega Bekasi barangkali disana buku tersebut bisa saya temukan. Namun gagal, 3 buku seri Fallen sudah diembat pembeli lain sebelum saya (lalu menyesal datang sedikit terlambat). Tadinya saya berpikir jika belum bisa nonton versi film saya akan baca novelnya lebih dulu. Tapi saya malah berkesempatan nonton filmnya lebih awal alias print screening gratis dari Gramedia ,, yiipppiii ^^

Terlepas dari statusnya sebagai adaptasi buku Fallen menyuguhkan sebuah cerita drama yang apik antara seorang manusia dengan malaikat. Premis ini diterangkan langsung di awal film yang mana Fallen adalah sebutan bagi para malaikat yang dijatuhkan ke bumi karena tidak memihak Tuhan. Mereka memilih menyelami kisah cinta dengan manusia yang ada di bumi. Mereka yang dijatuhkan ke bumi juga dikutuk tidak akan bisa kembali ke surga dan tidak dapat bersama dengan manusia yang dicintai jika mereka sampai berciuman. Walaupun ini sangat sepele namun hal ini menyebabkan si manusia akan mati sementara malaikat akan tetap tertahan di bumi hingga kutukan itu sirna.

Beberapa orang menyebut Fallen tidak berbeda jauh dengan Twilight Saga. Tapi saya merasa Fallen tidak bisa disamakan dengan Twilight. Luce dan Bella memang memiliki kemiripan, kadang bisa menjadi lemah dan melodrama tapi juga nekad. Luce diapit oleh 2 orang pemuda yang sama-sama menginginkannya, well ini memang membuat konflik cinta dua cerita ini tampak sama. Apalagi ada hal-hal yang membuat hubungan malaikat dan manusia jadi tidak bisa menyatu membuat kita akan teringat dengan kisah cinta vampir-manusia Stephenie Meyer.

Fallen adalah kisah cinta romantis dengan remaja sebagai tokoh utamanya. Fallen menawarkan kisah romansa anak muda sama halnya seperti Twilight. Tapi jelas premis cerita Fallen berbeda dari bikinan Stephenie Meyer. Fallen menawarkan makna bahwa cinta pantas untuk diperjuangkan dan tidak takut dengan risiko yang  mungkin akan merintangi bersatunya cinta tersebut.




Peran Luce sangat sesuai dibawakan oleh Addison Timlin, Mimik sedih dan khawatirnya sangat dapat dan menurutku tidak mudah untuk memerankan Luce. Karakter Daniel yang diperankan oleh Jeremy Irvine juga sangat menawan, well katakanlah dia memang cukup tampan dan kissable. Sementara itu Cam yang diperankan oleh Harrison Gilbertson menurutku lumayan, tapi adegan untuknya sedikit sekali. Saya suka saat dia berusaha menggoda Luce dengan sarkasme-nya. Walau akhirnya Luce ^&%*%* tapi saya ingin tahu apa peran Cam sebenarnya di film ini.

Secara teknis film ini digarap dengan totalitas, efek visual yang mengagumkan dan sound yang membuat film ini bikin saya sulit move on. Pengambilan shootnya juga mulus dan rapi yang mayoritas adegan diambil dengan one shoot.

Selain itu saya dibuat kagum dengan pilihan kota Tura yang berada di Hungaria sebagai lokasi pengambilan shoot film Fallen. Disana terdapat kastil yang bernama Schossberger Castle yang dijadikan sebagai lokasi asrama Sword & Cross.

Source from Wikipedia

View lainnya diambil di perpustakaan di Wenckheim Castle, selatan Hungaria. 
 
source from here
source from here
Agak disayangkan karena fokus cerita hanya di asrama saja membuat view jadi terbatas. Lingkup cerita juga sebatas di asrama saja, saya optimis jika film ini dilanjutkan cerita akan lebih berkembang. Saya pun menunggu kelanjutan bagaimana hubungan Luce dan Daniel di film berikutnya, karena di film pertama ini kedekatan mereka belum banyak terlihat. Saya sangat merekomendasikan film ini untuk para remaja terutama yang suka dengan cerita fairy atau angel untuk menonton film inI tanggal 9 Desember besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...