Rabu, 18 Januari 2017

[Master Post] Proyek Baca Buku Perpustakaan 2017






Aku baru menemukan projek baca ini setelah stalking timeline salah seorang teman. Projek ini digagas oleh Ira @Irabooklover dan sudah berjalan sejak tahun lalu (?) kurasa. Peraturan mainnya sangat mudah dan kurasa bisa disatukan dengan reading challenge yang sudah kuikuti.Jadi rasanya tidak ada salahnya jika ikut bermain.




Tahun ini mungkin akan sulit untukku membaca buku fisik. Statusku yang akan jauh dari rumah tidak memungkinkan untuk baca timbunan yang sudah ada. Dan resolusi yang sudah kupegang kuat-kuat mungkin akan membuat waktu bacaku tidaksebanyak tahun lalu. Tapi walaupun kondisi terburuk akan terjadi, aku tetap ingin membaca. Salah dua alternatif yang bisa kulakukan adalah membaca lewat perpustakaan kampus dan e-library. Di kampusku ada perpustakaan yang isinya memungkinkan untuk dibaca. Sebenarnya agak ragu juga dengan katalog buku yang tersedia disana, koleksi buku fiksi terjemahan sangat sedikit. Ditambah lagi tetak bukunya pun tersebar acak. Kalau ingin mnecari buku fiksi perpustakaan UNJ adalah salah satu dari yang terburuk yang dimiliki negeri ini. Dan kampus UNJ  ini berhak menyandang sistem kelola perpustakaan terpayah dan tidak up to date.

Sadar bahwa mengeluh pun tidak akan mengubah apapun aku akan membiasakan diri bagaimana pun kondisi library disana. Setidaknya masih ada buku Rick Riordan, Veronica Roth, Dan Brown dan tiga judul milik Tere Liye disana. Kalau buku itu masih pada tempatnya aku akan membacanya segera.  Kalau sempat aku juga akan mengulasnya di blog dan diikutkan untuk Proyek Baca Buku Perpustakaan 2017.

Kalian yang suka membaca buku perpustakaan, silakan ikut projek ini yang dibuka untuk UMUM. Semua orang boleh ikut. Simak dulu peraturan mainnya.

  1. Pinjam dan baca buku dari perpustakaan di kota kalian. Perpustakaannya bisa perpustakaan daerah/kota, perpustakaan provinsi, perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, taman baca, dsb. Lalu bagaimana dengan perpustakaan digital? Hmmm…okeh, kita masukkan juga yaaaaa, haha. Semoga perpustakaan digital semakin populer dan perpustakaan di daerah saya nantinya juga punya aplikasi perpustakaan digitalnya sendiri (amiin).
  2. Periode baca bukunya dari tanggal 1 Januari – 31 Desember 2017.
  3. Share foto buku + kesan singkat kalian setelah membaca buku tersebut atau link review (kalau kalian mereview bukunya) di akun Twitter kalian dengan hashtag #bacabukuperpus2017 dan mention akun Twitter saya di @irabooklover. Pastikan label buatan perpustakaannya terlihat di foto sebagai bukti kalau buku tersebut memang dipinjam dari perpustakaan. Yang baca dari perpustakaan digital, share screenshoot bukunya di aplikasinya ya.
  4. Yang mereview bukunya di blog, jangan lupa pasang button Proyek Baca Buku Perpustakaan 2017 di blog kalian juga. Sertakan juga buttonnya di setiap post review yang kalian buat :). Tautkan balik buttonnya ke post ini.
  5. Masukkan link share Twitter kalian di MisterLinky yang ada diakhir post ini. Semua link yang masuk akan saya undi pada tanggal 1 Januari 2018. 1 link terpilih akan mendapat hadiah berupa buku pilihan sendiri senilai maksimal Rp100.000. Hadiah bisa bertambah (insya Allah tidak akan berkurang) sesuai situasi dan kondisi
  6. Kalian boleh memention saya berkali-kali untuk satu buku yang sama. Kalian juga bisa men-share di akun medsos kalian yang mana saja, tapi link yang harus kalian masukkan dan yang saya nilai cuma link share via Twitter.
  7. Silakan membuat Master Post dan Wrap Up Post untuk proyek ini.
 Selamat bermain :)



1 komentar:

  1. Waah, semoga dengan semakin banyaknya pengunjung, perpustakaannya bisa menjadi semakin baik lagi ya :)

    Terima kasih sudah ikutan, *peluk*. Selamat membaca buku-buku perpustakaan yaaa, semoga beruntung ;)

    BalasHapus

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...