Rabu, 04 Januari 2017

Wrap Up Reading Challenge IRRC 2016 : Rainy - Summer

Welcome back to Wrap Up Indonesian Romance Reading Challenge 2016!

Akhirnya setelah melalui bulan-bulan penuh berkah, tiba waktunya me-rekapitulasi buku bacaan roman Indonesia yang telah aku baca selama 12 bulan terkahir. Semestinya setiap tiga bulan sekali aku menghitung progress membacaku. Tapi yah karena hostnya sedang sibuk bukan kepalang aku merekap menjelang akhir tahun saja. 

Selama dua belas bulan terakhir buku bacaan roman Indonesia yang kubaca tidak terlalu banyak. Tawaran untuk meng-host buku roman Indonesia sangat sedikit jadi tidak terlalu memacuku untuk membaca buku Indonesia. Bacaanku juga semakin beragam, mulai dari buku puisi, ilustrasi dan penulis yang semula aku tidak tertarik untuk membacanya. Aku banyak mencoba judul baru untuk menambah rasa bacaan romance, dan diselingi buku Asia lain. Ada pahit manisnya membaca buku roman Indonesia, dan makin menggoda pula cover buku Indonesia seiring berjalannya waktu. 

Melanjutkan rekapan sebelumnya, berikut makanan roman Indoensia yang kulahap selama Januari sampai Desember. Semoga aku terpilih untuk menangin voucher dari RC ini :( Jarang menang kuis lagi nih sekarang, but wish me luck. Keep optimis!


Januari

1. Buku Meet Lame - Christian Simamora 
2. Sesaat di Keabadian - Mezty Mez
3. Tell Your Father, I am Moslem - Hengki Kumayandi 

Februari 
-
4. Merpati Tak Pernah Ingkar Janji | Sampai Maut Memisahkan Kita - Mira W 
5. Tiger On My Bed - Christian Simamora
6. Fortunata - Ria N Badaria 
7. Refrain - Winna Efendi
8. Berlabuh di Lindøya - Kusumastuti Fischer
9. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin - Tere Liye

Maret
-
10. Fairish - Esti Kinasih
11. Rain Over Me - Arini Putri
12. See You Again - Arini Putri
13. A Very Yuppy Wedding - Ika Natassa
14. Spring In London by Ilana Tan
15. Brondong Lover - Stephanie Zen
16. Dealova - Dyan Nuranindya
17. If It Takes Two To Love - Christina Juzwar
18. Come Back To Me -  Arini Putri  
19. Katakan Cinta dengan Warna dan Aneka Kisah Cinta Lainnya - Primadonna Angela

April  
-
 20. Javier - Jessica Huwae
Mei
21. Ada Apa Dengan Cinta - Silvarani
22. Perahu Kertas - Dee Lestari
23. Ayat-Ayat Cinta by Habibburahman El-Shirazy

Juni

-
25. Insecure - Seplia
26. Tidak Ada New York Hari Ini - M Aan Masyur
27. Critical Eleven - Ika Natassa
28. SeoulMate by Lia Indra Andriana
Juli
29.  Déessert - Elsa Puspita
30. Strawberry Cheesecake - Ayuwidya
31. Melihat Api Bekerja - M Aan Mansyur

Agustus
-
32. Khokkiri by Lia Indra Andriana
33. Mr B vs Miss AB: Reality by Byanca Sastra 
34. Mr AB VS Miss O : Wedding by Senselly 
35. Stay (Mr. O vs Miss. A) By Sung Ie 
36. Memeluk Masa Lalu - Dwitasari
37. Jatuh Cinta Diam-Diam - Dwitasari 

September
-
38. Love Is: Puuung's Illustration of Love
39. Kisah Gelap Dunia Seleb - Maman Suherma
40. Typo - Christian Simamora 
41. Wonder Fall - Elektra Queen 
42. Wonderful Life - Amalia Prabowo 

November
-

Desember


43. Hari Setelah Kita Jatuh Cinta
44. Serendipity
45. Episode Cinta - Ken Terate
46. The Playlist
47. Jingga dan Senja - Esti Kinasih
48. Reuni
49. Kastil Es dan Air Mancur Yang Berdansa - Prisca Primasari
50. Gadis Penenum Mimpi dan Pria Melipat Kertas

Setelah di total keseluruhan buku yang kubaca adalah 50 buku. Level Maniak berhasil terlampaui, alhamdulillah. Fyi, menaklukan target yang kutetapkan ini antara susah-susah gampang. Aku harus membagi waktu ekstra membaca buku terbitan Indonesia dan mengulasnya. Tidak semudah itu mengulas buku, karena butuh waktu dan ilham untuk mendorong tubuh ini semangat menuliskan reviewnya. Dan sering kali aku sudah terlalu lelah untuk menuliskan reviewnya.

Untuk pengalaman pertama mengikuti RC, ini adalah pencapaian yang patut disyukuri, karena aku tetap konsiten membaca dan mereview di tengah kesibukkan. Aku harap ini akan memotivasiku untuk membaca karya lokal lebih banyak lagi. Entah yang sudah lama atau penulis baru. Tapi tentu aku akan menyesuaikan dengan buku yang aku ingin baca lebih dulu. Buku lokal dan terjemahan harus balance dan punya keunikan tersendiri.

Harapanku di tahun 2017, semoga aku bisa mendapat tawaran host blogtour buku-buku roman lokal. Memang sih prestasiku minim, belum pernah dapat Resensi Pilihan dan belum pernah di muat di media massa. But, bukankah hidup selalu berputar. Aku percaya ada masanya aku akan diatas dan impianku jadi nyata.

Reading challenge ini tetap berlanjut, kalau kamu ingin mencoba ikut silakan mendaftarkan diri ke dua orang hostnya Rizky @ Ky's Book Journal dan Asri @ Peek A Book. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...