Senin, 14 Maret 2016

Book Review Cat and Dog 1# by Park Hee Jung


Judul: Cat and Dog #1
Penulis dan Ilustratror: Park Hee Jung
Penerbit : Haru
Penerjemah : Silvanissa
Penyunting : Novianita
Terbit: 2016
Tebal : 195 hlm
Available @bukupedia

Sinopsis
Joo Yeong Woo
Meski hanya bertemu sekali saat masih balita, perlahan aku mulai jatuh cinta pada Mo Seul Woo, tunanganku yang tampan dan juga artis. Akhirnya pernikahanku tiba!

Mo Seul Woo
Aku cuma bertemu dengannya sekali sepuluh tahun  yang lalu saat dia masih bayi, dan cewek itu buang air besar di depanku. Aku tidak akan pernah menikahinya.


Saat kakeknya meminta Joo Yeong Woo masuk ke kamarnya ia tidak tahu bahwa dirinya telah dijodohkan dengan Mo Seul Woo idolanya. Usianya memang sudah menginjak 19 tahun dan sudah saatnya bagi Yeong Woo untuk hidup dengan rumah tangganya sendiri. Yeong Woo senang sekali dan berjingkrak riang mendengar kabar itu. . Ia telah mengagumi cowok itu sejak kecil. Ia bahkan menempeli kamarnya dengan poster-poster Seul Woo. Ia juga mengikuti perkembangan cowok itu, termasuk kabar putus nyambungnya Seul Woo dengan Ha Yoon.

Selama ini Yeong Woo dibesarkan bersama kakek dan seorang pelayan disebuah rumah sederhana. Mereka hidup berkecukupan dan saling menyayangi. Yeong Woo di didik oleh seorang kakek yang taat betul pada adat Korea. Yeong Woo tumbuh menjadi gadis yang baik hati dan periang 

Mo Seul Woo tidak terlalu ambil pusing soal perjodohannya dengan Joo Yeong Woo. Sudah lama sekali ia mengunjungi gadis itu. Lantas Ia menolak untuk menerima perjodohan itu terlebih karena ibunya yang terus memaksanya. Namun suatu ketika sebuah telepon misterius menyuruhnya untuk tetap datang menemui Seul Woo tentang kelanjutan perjodohan mereka.

Mo Seul Woo adalah anak pertama di keluarganya. Berlatar belakang keluarga yang buruk, ia mencari nafkah sebagai seorang model. Ia terkesan sangat misterius dan tertutup pada semua orang. Pekerjaannya sebagai model membuatnya jadi sorotan media. Banyak orang yang meragukan kemampuannya dan menuding Han Yoon yang telah menaikan citra Seul Woo di mata publik. Hubungan kedekatan mereka berdua juga sudah menjadi buah bibir media hingga akhirnya mereka berpacaran. Tapi setelah Ha Yoon menjadi mantan Mo Seul Woo, bagaimanakah kelanjutan hubungan Mo Seul Woo dan Joo Yeong Woo?



***

Ini kali pertama aku membaca K-Toon yang diterbitkan oleh Haru. Sampul komik ini cukup simple menggambarkan dua karakter yang bertolak belakang. . Tema utama yang diusung sangat sederhana tentang perjodohan. Tapi salah satu tokohnya memiliki problem yang dominan dan menyeret tokoh-tokoh lainnya menjadi sebuah keseruan untuk dibaca.

Untuk sebuah komik, buku ini punya nilai lebih untuk ilustrasi dan perwajahan karakternya. Semua diperhatikan secara detail, mulai dari pemilihan latar, gradasi warna, dan penempatan tokohnya. Ekspresi para tokohnya sangat memperkuat masing-masing karakternya. Bisa terlihat dari wajah para tokoh mulai dari mata, bentuk wajah dan postur karakternya punya keunikan dari manga.

Yang perlu dikritisi dari komik ini ada pada dialog antar tokoh yang masih membingungkan. Singkat namun entah mengapa aku agak lambat mengartikan pembicaraan mereka.  Malah ketimbang dialog, mimik para tokoh sudah bisa bercerita banyak tentang perasaan antar tokohnya satu sama lain. Bisa jadi karena pengalaman pertama membaca K-Toon, orang awam seperti akan lebih fokus pada interaksi tokohnya.

Selain itu masih banyak hal-hal yang tidak diungkapkan dari kisah tokoh-tokohnya. Me Seul Woo masih menyimpan tanya alias dia masih perlu banyak di eksplor lagi. Kedekatan dia dengan Joo Yeong Woo masih terasa kurang. Aku berharap buku keduanya akan memperlihatan kedekatan mereka berdua. Membuat cerita jadi menggantung dan harus menemukan kelanjutannya di buku kedua.

Untuk harga yang dikeluarkan buku ini, sepadan dengan kecantikan dan detail yang ada di dalamnya. Sebagai buku pertama seri Cat and Dog, buku pertama ini pantas ditunggu buku keduanya. Aku merekomedasikan buku ini untuk pembaca yang sedang mencari novel grafis ataupun pembaca yang penasaran dengan komik Korea. :)

2 komentar:

  1. Belum minat baca komik euy. Soalnya suka pusing baca balon dialognya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum terbiasa saja :) Kan diujung balon dialignya ada ujung lancip, nah ujung lancip itu menandakan siapa yg sedang bicara. hehe

      Hapus

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...