Jumat, 14 Oktober 2016

Book Review Secretly Married by @ForgottenGlimmer | Based on Wattpad


Judul : Secretly Married
Penulis : @ForgottenGlimmer
Penyunting : Adeliany Azfar
Penerjemah : Airien Kusumawardani 
Proofreader : Titish A.K
Desain cover: Aqsho Zulhida
Penerbit : Haru
Bahasa : Indonesia
Terbit : September 2016
Tebal : 328 hlm
Rating : 3/5

Sinopsis:

Phoebe Bernal mempunyai sebuah rahasia dengan salah satu dari bintang terkenal, Kent Fuentabella.

Apa rahasia mereka?

Di usia ke 17 ini, mereka telah satu tahun menikah. Tentu saja tak ada seorang pun tahu.

Apakah Kent mencintai Phoebe?

Apakah Phoebe mencintai Kent?

Entahlah. Mereka tidak bisa memahami perasaan masing-masing. Yang mereka tahu, pernikahan rahasia mereka begitu aneh.

Di saat mereka berusaha memahami perasaan masing-masing, muncullah Harley Villaluz, rival terbesar Kent yang berupaya mendapatkan hati Phoebe. Dan juga Elisa, ‘pacar’ Kent di film terbaru mereka yang merasa berhak menyandang gelar ‘pacar’ sesungguhnya di hati Kent.

Pertama kali saya melihat buku ini adalah saat sedang berkunjung ke booth Haru di IIBF lalu. Buku ini ternyata sudah pernah di pos di wattpad sebelumnya. Dan penerbit Haru melihat peluang ini dan membeli hak terjemahannya. Saya tidak banyak ekspektasi saat membaca buku ini, karena saya sudah percaya dengan buku-buku yang Haru terjemahkan saya memutuskan segera membaca buku ini.

Phoebe Bernal terpaksa menikah dengan Kent Fuentabella.karena ibu mereka telah meninggal dunia. Kecelakaan itu terjadi saat mereka masih remaja. Dan sebagai bentuk penghormatan atas hubungan persahabatan mereka Phoebe dan Kent dinikahkan di usia yang masih sangat muda. Karena usia mereka belum mencukupi untuk menikah, mereka berdua dinikahkan di luar negeri tepatnya di New Hampshire. Dan ayah mereka berjanji akan mengumumkan pernikahan mereka di Filipina saat usia Phoebe berusia 18 tahun.

Status pernikahan Phoebe dan Kent berhasil disembunyikan selama satu tahun. Tapi semua itu butuh perjuangan karena sikap Kent yang tidak menghargai Phoebe sebagai isterinya Saat mereka di sekolah Kent menciptakan jarak yang sangat jauh diantara mereka. Kent yang statusnya adalah artis terkenal dan memiliki banyak fans wanita di sekolahnya membuat Phoebe hanya dipandang sebelah mata. Tiap kali berpapasan dengan, Kent akan bertingkah seolah Phoebe adalah fans beratnya yang selalu mencoba mengejar Kent seperti cewek-cewek lainnya.

Sekolah tempat Kent dan Phoebe bersekolah adalah sekolah terkenal yang diisi bintang-bintang muda. Selain Kent, ada duet main Kent yang bernama Elisa dan cowok keren yang juga rival Kent yang bernama Harley Villaluz. Kemunculan mereka di sekolah membuat hubungan Kent dan Phoebe penuh kejutan.
 
Suatu ketika Phoebe yang sedang membawa tugas sekolah menuju ruang kelas bertubrukan dengan seorang cowok-yang ternyata dari kalangan artis juga tapi Phoebe tidak tahu siapa namanya. Cowok itu yang setelah diketehui bernama Harley merusak tugas yang dibuatkan Kent untuk Phoebe. Di saat yang sama Kent melihat kejadian itu dan langsung menunjukkan rasa tidak suka saat melihat Harley. Tanpa disadari karena insiden itu membuat status pernikahan Kent dan Phoebe terungkap. Sejak saat itu hubungan Phoebe dan Kent mulai terusik saat Harley mulai menyatakan rasa sukanya pada Phoebe. Dan lawan main Kent di film yaitu Elisa makin memperkeruh keadaan. Akankah hubungan pernikahan mereka bertahan? 

"Phoebe, Sayang. Aku tahu kau bisa mendengarkanku sekarang. Aku hanya ingin mengatakan-tolong jangan tinggalkan aku. Aku mencintaimu, dan aku bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkanmu kembali. Aku tahu pasti sulit bagimu untuk memaafkanku, tapi tolong, demi hubungan kita, cobalah memaafkanku."

Pada awalnya saya mengira kisah Phoebe dan Kent ini hanya kisah rumah tangga yang biasa dialami remaja yang nikah muda. Tapi ternyata buku ini lebih dari itu, banyak-banyak sekali masalah yang dihadapi Kent dan Phoebe. Dimulai dari terungkapnya status pernikahan mereka, kehadiran Harley yang romantis dan tidak terduga dan juga problematika yang terjadi di dunia hiburan. 

Buku ini sedikit banyak memuat kisah romansa anak-anak muda yang menikah muda. Terdapat banyak karakter yang terlibat di novel ini. Tapi semua tokoh itu punya peran dan tidak ada yang mubadzir. Tidak jarang beberapa dari tokoh tersebut bikin kita geregetan dengan sikap mereka. Contohnya, Phoebe yang menurutku masih sangat labil dan kekanak-kanakan. Ia belum bisa menekan egonya padahal ia tahu Kent terpaksa bersikap acuh tak acuh terhadapnya karena ingin melindungi Phoebe dari gemerlap dunia entertaiment. Sikap Phoebie yang mudah cemburu dan belum bisa mengendalikan emosi lama kelamaan bikin bosan juga.

Sementara itu Kent yang awalnya aku cukup suka lama kelamaan aku sebal dengan karakternyapi. Ia termasuk tipe cowok yang mudah sekali cemburu dan mengkhawatirkan pasangannya.Seringkali ia terlihat cuek saat di dekat Phoebe tapi ia sangat menyayangi Phoebe. Tidak hanya Phoebe-Kent, tapi ada Harley yah walaupun hanya muncul sedikit saja. Juga ada Elisa yang selalu berusaha untuk menjadi pacar kenyataan dengan Kent. 

Alurnya cukup cepat dan bisa diselesaikan dalam beberapa jam saja. Kita akan dibawa ke dalam keseharian dan perdebatan Kent dan Phoebie yang menurutku lucu dan bikin terbawa perasaan. Selain itu ada beberapa istilah dalam bahasa Tagalog yang bisa ditemukan di buku ini. Saya baru tahu bahwa di negeri asli novel ini, Filipina, setiap gadis yang akan berulang tahun ke delapan belas akan merayakan pesta besar-besaran. Di salah satu rangkaian acaranya, setiap cowok yang diundang akan menyerahkan bunga pada si gadis yang berulang tahun dan akan ada kejutan dari cowok yang memberikan bunga paling terakhir. Di bagian cerita ini penulis memberikan satu lagi konflik yang saya pun tidak menduganya. Tapi over all saya suka dengan buku ini.  Terjemahannya yang asik dan bersih membuat saya mudah menyelesaikan buku ini.

Menurutku buku ini masih dalam kategori young adult yang aman untuk dibaca siapa saja. Walaupun kisahnya agak terlalu dramatis di beberapa bagian  tapi bisa jadi bacaan saat akhir pekan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...