Kamis, 11 Agustus 2016

Book Review Khokkiri by Lia Indra Andriana


Judul : Khokkiri

Penulis : Lia Indra Andriana

Penyunting : O Lydia Panduwinata

Desain cover : Saiful Rohman

Layout : Hwang Anna

Penerbit : Haru

Terbit : Cetakan pertama, Juli 2011

Tebal : 308 hlm

978-602-983-251-8

Rating : 3/5



Ini kisah rumit dua pasang kekasih yang nyata atau tidak nyata dihubungkan oleh kejadian tragis di masa lalu.

Becca, gadis pendiam yang senang menuliskan cerita sehari-harinya di laman blog pribadi. Ia lahir lebih dulu dari adik kembar identiknya yang bernama Della. Mereka berdua sangat sulit dibedakan bahkan ayah mereka sendiri tidak dapat mengenali mana yang Becca dan mana yang Becca. Hingga kecelakaan bus menimpa keduanya tidak ada yang benar-benar tahu pasti siapa dari mereka yang dianggap tewas. Becca memang pernah berkhayal memiliki teman khayalan, tapi ia tidak tahu temannya itu adalah Della  yang ia kira sudah meninggal. Seolah seperti mimpi Della muncul seolah ingin mengambil raganya kembali.


Adriel Jo, ayahnya meninggalkannya saat masih kecil untuk kembali ke Indonesia. Setelah ibunya meninggal Adriel Jo menetap di Indonesia dengan status kewarganegaraan yang diturunkan ayahnya. Selama berada di Surabaya Adriel Jo bekerja serabutan sampai akhirnya ia bertemu kakak tirinya Richard. Pertemuan dengan Richard mengubah karirnya yang tadinya biasa saja kini menduduki posisi yang penting di perusahaan. Di kantor Adriel jatuh hati pada Becca, anak buahnya yang bekerja sebagai copy writer yang pelupa. Tapi Adriel yakin Becca akan selalu menjadi khokkirinya, gajah yang akan selalu mengingatnya sampai kapan pun juga.

“Ironis sekali, dua saudara tiri jatuh cinta kepada dua saudara kandung-yang sayangnya, salah satu dari mereka hanya khayalan semata. Mereka telah jatuh cinta kepada satu wanita dengan dua kepribadian.”- hlm 175

Della selalu takut jika waktu untuk terlelap tiba, karena ia akan tertidur dan tidak sadar dengan apa yang ia lakukan dan kemana kaki membawanya. Della kira ia hanya terkena sleepwalking, tapi Richard menganggap itu hal yang tidak mungkin. Mereka sudah bertunangan dan bukankah harusnya Richard memercayainya? Tapi pria itu malah bertingkah sebaliknya dan membuatnya kecil hati. Hal yang aneh datang kepadanya lewat ayah Richard. Pria itu yang sempat terkena penyakit syaraf menatap Della dengan aneh seolah pria itu tahu siapa Della yang sebenarnya. Dan sebelum rahasia ayah Richard terungkap beliau telah menjemput ajal. Mewariskan sejumlah masalah dan rahasia untuk anak-anaknya.

Richard kira gadis yang kini jadi tunangannya hanya terlalu berlebihan dalam menyikapi sesuatu. Ditambah lagi mendengar penyataannya bahwa ia mengidap sleepwalking membuat Richard berpikir itu hal yang tidak mungkin terjadi. Pemikirian Richard yang realistis menyangkal pengakuan gadis itu. Parahnya hal itu membuat Della menghilang hingga sebulan lebih dan memaksa Richard menyusuri masa lalu Della hingga ke Korea. Dan saat berhasil menemukan gadisnya ia dalam rengkuhan pria yang ia anggap saudaranya sendiri.


"I miss being a kid. Skinned knees are easier to heal than pained heart" - hlm 169



Okay, inti kisah ini adalah tentang gadis yang mengidap multiple personalities atau berkepribadian ganda bahkan lebih. Awalnya akan sulit untuk menduga masalah apa yang dialami tokoh utamanya. Karena si penulis langsung menuangkan empat tokoh dengan pembagian bab untuk masing-masing karakternya.

Awal cerita berlangsung cepat ditambah dengan narasi yang seringkali menyinggung masa lalu tokoh-tokohnya. Dengan alur maju-mundur buku ini bisa jadi membingungkan pembaca. Penulis seolah berusaha memasukkan twist yang tidak terduga dan menuntun pembaca untuk mengetahui sendiri masalah keempat tokohnya.

Khokkiri adalah salah satu awal debut karir menulis si penulis. Bisa dimaklumi jika jalan ceritanya tidak terlalu luwes karena dari tema yang ia angkat saja sangat jarang dan malah di dunia nyata kasus seseorang dengan kepribadian ganda masih diperdebatkan. Walaupun si penulis sudah menyisipkan nama-nama kasus yang sudah ada seputar kepribadian ganda seperti Three face of Eve, Sybil dan lain-lain. 

Kepribadian ganda berkaitan dengan kondisi kejiwaan seseorang. Dan hal ini memunculkan alter ego lain dari diri si penderita. Dalam buku ini terdapat sejumlah alter ego yaitu Lucie dan sosok vampir. Lucie memilki karakter gadis urban yang senang dunia malam dan bergonta-ganti pasangan untuk memmuaskan nafsunya. Sedangkan sosok vampir pertama kali muncul saat Becca berada dalam keadaan gelisah setelah diberi penenang.

Buku ini akan cocok sekali untuk kalian yang memang mengaku oenyuka bacaan psikologi-romance dengan sedikit bumbu thriller di dalamnya. Terutama setelah kemunculan sosok vampir yang jadi salah satu alter ego cukup membuat diri ini berdebar. Dan Lucie yang sebagai alter lainnya ternyata mengatahui rahasia-rahasia yang disimpan alter lainnya. Yeah, lumayan dibikin pusing dan sensasi penasaran lah ole si penulis.

3 Golden Quicitch untuk buku ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...