Senin, 02 Mei 2016

Book Review Cat and Dog Vol. 2 by Park Hee-Jung



Judul : Cat and Dog Vol. 2
Penulis & Ilustrator : Park Hee-Jung
Penerbit: Haru
Penerjemah : Siti Solehatin
Penyunting : Novianita
Proofreader : Selsa Chintya
Terbit : Maret, 2016
Tebal : 239 hlm
Rating : 3.5/5

Spoiler Alert, Untuk Kamu Yang Belum Membaca Cat andDog Vol.1
Akibat dari munculnya isu perselingkuhan Ha Yoon, Direktur Yang mengambil keputusan untuk tidak bekerja sama lagi dengan Seoul Woo. Keputusan itu sempat ditentang oleh Ha Yoon karena ia merasa perlu membela Seoul Woo. Namun sayangnya jika Ha Yoon tetap mempertahankan Seoul Woo karirnya juga akan terancam. 

Sementara itu kehidupan Seoul Woo perlahan mulai berubah setelah ia menikah dengan Yeong Woo. Sebenarnya Yeong Woo adalah istri yang baik, ia selalu berusaha menjadi istri yang baik. Yang gadis itu inginkan hanya satu yaitu bisa selalu berada disisi Seoul Woo. Tapi sayangnya Seoul Woo belum bisa membuka hati untuk gadis itu. Masih ada banyak hal yang harus ia pikirkan, masa depan karirnya, hubungan antara ia dan ibunya yang kurang harmonis dan isu yang kurang enak darI media masa tentang dirinya.





"Dengan sifatmu itu, kau nggak bisa membedakan cinta dan obsesi .. karena nggak pernah dicintai kau nggak tahu cara mencintai" - Direktur Yang

Keseharian Yeong Woo juga mulai berubah setelah ia tinggal satu rumah dengan Seoul Woo dan Jae Min. Ia mulai mengenal kebiasaan dan budaya orang kota. Ia tidak lagi mengenakan han bok saat berada di rumah. Jae Min berbaik hati menunjukkan Yeong Woo cara beradaptasi di kota khususnya soal mode berpakaian dan gaya rambut. Lama kelamaan hubungan mereka semakin dekat dan akrab. Sempat ada adegan Jae Min dibuat pusing oleh Yeong Woo yang masih ingin mempertahankan gaya pakaian lamanya yang agak kuno. Sering kali Yeong Woo berpikiran hal-hal yang cukup lucu saat bersama Jae Min. Salah satunya saat Yeong memilih memakai tusuk sumpit untuk menjepit rambutnya.


Meskipun Yeong Woo cukup dekat dengan Jae Min tidak membuat kedekatan Yeong Woo dan Seoul Woo berkurang. Ada saat dimana Yeong Woo mulai menunjukkan perhatiannya pada Seoul Woo, salah satunya saat Yeong Woo menjemput Seoul Woo disuatu malam disebuah bar milik Shin Dong Hee. Tapi Yeong Woo tidak langsung membawa suaminya pulang. Ia malah memesan alkohol dan untuk pertama kalinya ia mabuk hanya untuk menemani Seoul Woo. Mengagumi betapa berartinya Seoul Woo untuknya walaupun Seoul Woo belum juga membalas perasaannya.



Seoul Woo yang terlahir dari keluarga yang kacau membuatnya selalu bersikap dingin. Ia tidak pernah ingin mengakui kelemahan dan kesedihan hatinya ada siapapun termasuk pada Jae Min. Ia menyimpan semua masalah sendirian dan kadang bisa meledak sewaktu-waktu. Kemarahan terbesarnya meluap saat ia mengetahui Ha Yoon telah memberi uang yang sangat besar pada ibunya. 

Tidak lama muncul seorang wanita bernama Lee Ok Bong yang tertarik dengan bakat akting Seoul Woo. Ia menawari Seoul Woo untuk bergabung dengannya di Beauty Entertaiment. Kemunculan wanita itu sangat mencurigakan dan sangat kebetulan dengan keadaan Seoul Woo yang direncanakan akan dilepas oleh Direktur Yang. Sebenarnya siapa wanita itu? Dan kenapa dia sangat menginginkan Seoul Woo?

 "Aku selalu menangis setiap mendengar berita yang menyulitkanmu." - Yeong Woo

"Benar, aku sangat sedih dan menderita, sangat dicampakkan, rasanya sangat sakit dan menderita. Aku nggak ingin membuang siapapun yang kurasa jadi milikku." - Seoul Woo


Kelanjutan kisah perjodohan Yeong Woo dengan seorang aktor dan foto model terkenal Seoul Woo berlanjut dalam buku kedua. Membaca buku tidak bisa lepas dari buku pertamanya yang mengenalkan awal mula perjodohan keduanya dan juga awal konflik karir Seoul Woo. Awal cerita dibuka dengan pembicaraan Ha Yoon dengan Direktur Yang-pemilik Yang Entertaiment yang menau ngi karir Ha Yoon dan Seoul Woo selama ini. Direktur Yang menginginkan agar karir Seoul Woo dilepaskan dari Yang Entertaiment. Itu berarti Ha Yoon tidak akan bermain peran bersama Seoul Woo lagi. Keputusan itu diambil oleh Direktur Yang untuk menyelamatkan karir Ha Yoon yang sedang berada di posisi puncak. 

Di buku kedua kali ini lebih menonjolkan tema permainan politik dalam dunia hiburan. Buku ini menunjukkan tema itu dengan baik, persaingan di dunia hiburan sangat keras. Ada saat seorang bintang ada di posisi puncak dan akan ada waktunya dia akan turun. Jika salah satu artis kebanggan sebuah agensi terlibat masalah maka pihak managemen akan melakukan segala cara untuk mempertahankan artisnya. Walau harus mengorbankan pihak lainnya dan menutupi fakta di media.

Posisi Seoul Woo di buku kedua ini cukup memakan porsi cerita yang banyak. Hampir keseluruhan cerita berfokus pada dirinya setelah ia menikah namun masih dibayang-banyangi keraguan perasaannya pada Ha Yoon. Buku kedua ini juga sedikit tidaknya mengungkap sisi lain Seoul Woo yang labil dan sulit mengambil keputusan. Sulit untuk memberikan simpati untuk tokoh yang rapuh dan labil seperti Seoul Woo. Masalah yang ia alami terasa makin rumit dan pemikirannya yang kuanggap kurang dewasa. 
 
Ketimbang Seoul Woo malah sosok Jae Min-lah yang terasa lebih kuat pesonanya. Kemunculan Jae Min yang walaupun hanya sedikit tapi sangat dinanti. Ia memiliki karakter yang bertolak belakang dari Seoul Woo, lebih bersahabat dan pengertian terutama setelah ada Yeong Woo di rumah mereka. Tapi tetap masih ada hal-hal yang belum kumengerti dari Jae Min. Ia seperti menutup-nutupi sesuatu dari Yeong Woo dan hal ini semakin bikin aku penasaran dengan sisi lain Jae Min yang kadang jahil namun misterius.
Jae Min and His Style

Secara keseluruhan aku lebih menikmati alur cerita di buku kedua. Hal-hal yang tidak dijelaskan dibuku pertama mampu ditunjukkan dengan baik disini. Sedikit latar belakang Seoul Woo kembali dijelaskan walau hanya sepintas saja. Dan aku mulai menyukai interaksi Yeong Woo dan Seoul Woo yang masih agak labil dan polos. Kadang dialog mereka khususnya Yeong Woo bisa jadi menyentuh tapi juga lucu dibeberapa situasi. Aku sangat berharap di buku ketiga hubungan mereka bisa lebih hangat dan lebih banyak plot twist nantinya.
 
Aku rekomendasikan buku ini untuk kalian yang mencari kisah dibalik dunia keartisan. Dan untuk kamu yang penggemar Korea tidak perlu ragu untuk membaca buku ini dan buku pertamanya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...