Rabu, 18 Mei 2016

Book Review Cat and Dog 4# by Park Hee Jung


Judul : Cat and Dog 4#
Penulis/ilustrator : Park Hee Jung
Penerbit : Haru
Penerjemah : Silvanissa
Pentunting : Novianita
Proofreader : Selsa Chintya
Layout : Vanessa Fabiola dan Valencia Brigitta
Terbit: Mei 2016
Tebal : 236 hlm
Bahasa : Indonesia 
Karakter : Mo Seul Woo, Joo Yeong Woo, Lee Ok Bong, Shin Dong Hee, Jae Min, Yang Deok Gi, Kim Gi Rim

Harga : Rp. 74.000
Available at  (bukabuku, pengenbuku)

Rating: 4/5 

SPOILER ALERT!
untuk yang belum membaca Cat and Dog #1 | Cat and Dog #2 | Cat and Dog #3


Sudah berselang beberapa hari setelah Seul Woo dan Yeong Woo pindah dari rumah Jae Min. Keputusan mereka untuk pindah didasari karena Seul Woo ingin terhindar dari sorotan media yang sering mencecarnya. Selain itu keputusan itu diambil atas saran Lee Ok Bong agar media tidak mengetahui status Seul Woo saat ini yang sudah menikah dengan Yeong Woo. Tidak ada pilihan lain, Seul Woo harus mengikuti saran itu. terlebih Seul Woo kini bekerja padanya dan ia merasa sudah berhutang budi pada wanita itu.

Seul Woo sadar kemampuan beraktingnya tidak seberapa. Mendapati perlakuan yang tidak mengenakkan dipertemuan pertamanya dengan Yang Deok Gi membuat Seul Woo bertekad untuk mengembangkan kemampuan beraktingnya sebaik mungkin. Jika ia berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya didepan sutradara berpendirian keras itu, Seul Woo akan mendapat peran dalam film yang akan digarap oleh Yang Deok Gi.


"Kembalilah satu bulan lagi dengan jiwa yang murni. Kalau kau sedang tersenyum, tersenyumlah dari hati. Kalau kau sedang sedih, menangislah sepuas hatimu. Kalau kau mati, kau harus belajar untuk mati dengan gagah berani. Sama seperti makanan yang dimasak hanya dalam waktu 3 menit, lalu segera dihidangkan ketika mendengar suara teng, maka seperti itulah kau setelah mendengaar tanda isyarat, segera menjadi Lee Gyu Jin dan berdirilah di depan kamera. Mengerti?" Cat and Dog 4
 
Ada satu keributan kecil saat Yeong Woo tetap bersikeras untuk mengunjungi Seul Woo yang saat itu masih berada di rumah Sutradara Yang Deok Gi.Walaupun sudah diperingatkan untuk tidak datang, Yeong Woo tetap saja pergi untuk mengtahui keberadaan Seul Woo.  Saat menuju perjalanan rumah sutradara, rupanya Shin Dong Hee dan Lee Ok Bong sudah sampai lebih dulu dirumah sutradara.

Tidak disangka Shin Dong Hee dan Yang Deok Gi sudah pernah saling kenal sebelumnya. Mereka saling menyebut nama dengan tambahan julukan dibelakang nama mereka seperti saat masih belajar film. Walaupun awalnya mereka sempat bertengkar namun suasana kembali akrab. Pertemuan mereka itu seperti reuni dan hadirnya Shin Dong Hee turut mewarnai jalan cerita Cat and Dog 4 berikutnya.

Kemunculan Shin Dong Hee sebenarnya sudah ada sejak di buku pertama. Namun semenjak Seul Woo dan Lee Ok Bong mulai menjalin kerja sama, tanpa sadar Shin Dong Hee semakin menunjukkan posisinya. Shin Dong Hee diam-diam menyukai Lee Ok Bong sejak lama. Namun perasaan itu terganjal karena tidak jua terungkapkan. Lee Ok Bong yang hanya ingin membantu Seul Woo tampak tidak mempedulikan setiap pernyataan perasaan Shin Dong Hee. Ia tidak tahu apakah ia pantas untuk membalas perasaan Shin Dong Hee atau tidak.
"Berhentilah main-main denganku. Aku akan terus menyukaimu sampai kau kehilangan semua rambutmu. Aku menyukai sikap wanita yang membela orang dekatnya ... memakai heels walau tinggimu jadi 180cm, akrena itu adalah harga dirimu. Aku jatuh cinta kepadamu dengan cara seperti ini, aku harap kau juga bisa mencintaiku". Shin Dong Hee
Shin Dong Hee dan Lee Ok Bong sudah jadi bagian penting dalam karir Seul Woo. Walaupun tidak mengakuinya secara terang-terangan tapi ia merasa ada sedikit perasaan senang dalam hatinya. Berkat mereka juga Seul Woo akhirnya mendapatkan apa yang ia impikan selama ini. Lalu saat Seul Woo sudah berhasil mendapatkan hati sutradara, masalah baru berhembus dan seseorang dari masa lalunya mencoba kembali padanya . Mampukah Seul Woo menghadapi masalah itu? Masihkah Yeong Woo percaya padanya?



Cat and Dog buku keempat, bagaikan titik nadir nasib kelanjutan karir keartisan Seul Woo sekaligus melanjutkan kisah asmara pasca nikah Seul Woo dengan Yeong Woo. Berbeda dengan hubungan asmara pada umumnya yang diawali pendekatan dan jalinan kasih perkenalan, justru hubungan Seul Woo dan Yeong Woo baru memasuki masa ‘pacaran’ setelah mereka menikah.

Inti cerita di buku keempat ini masih sama dengan buku-buku pendahulunya yang mengangkat kisah dunia hiburan yang dibalut percintaan karakter utamanya. Aku semakin bisa merasakan kedekatan antar karakter terutama Seul Woo dan Yeong Woo. Dengan perbedaan prinsip yang mereka pegang masih saja ada hal-hal kecil yang membuat mereka semakin dekat dan memahami karakter satu sama lain.

Dengan sifat polos Yeong Woo, ia selalu berhasil membuat Seul Woo mengalah dan makin menghargai keberadaan Yeong Woo disampingnya. Sempat Yeong Woo bersikeras menginginkan menjadi manager Seul Woo tapi ide ini ditolak oleh Seul Woo. Ia hanya tidak ingin terus melibatkan Yeong Woo dalam karirnya. Tapi Yeong Woo yang sudah berkomitmen untuk selalu ada disisi Seul Woo bagaimanapun kondisi Seul Woo, pada akhirnya tetap mendapatkan apa yang ia inginkan.

Kalau kamu salah satu yang masuk kubu Jae Min, kalian masih bisa menemukan Jae Min di dalam buku ini. Jae Min yang dikenal sebagai sahabat Seul Woo selalu berusaha membantu sahabatnya secara diam-diam. Disaat film besutan Sutradara Yang Deok Gi nyaris gagal karena tidak ada produser yang bersedia membantu jalannya film itu , Jae Min hadir sebagai malaikat penolong yang juga menyelamatkan karir Seul Woo.

Selain itu, kalian akan dikenalkan dengan karakter baru bernamaKim Gi Rim. Cowok yang satu ini adalah leader Boygrup ISM yang hebatnya ia sedang naik daun saat itu. Dari luar ia kelihatan ekstentri dengan gaya rambut modis dan gaya bicara yang ceplas-ceplos. Masuknya Kim Gi Rim kedalam film Gelas Kaca tidak lepas karena bantuan Jae Min.

Seperti tiga buku Cat and Dog sebelumnya, buku ini punya setting yang bermacam-macam. Kadang ada di rumah sutradara, hiruk pikuk perkotaan, rumah Seul Woo dan beberapa tempat lainnya. Agak disayangkan ilustrator membuat pergantian setting terasa terlalu tiba-tiba. Mungkin untuk yang terbiasa membaca manga atau manhwa tidak akan ada masalah dengan pergantian yang tiba-tiba ini. Selain itu jika membaca seri Cat and Dog bersiaplah dengan alur tempo sedang dan cepat. Karena tanpa sadar buku ini bisa kamu selesaikan dalam waktu yang singkat saja.

Secara keseluruhan aku menikmati buku in, gaya terjemahannya yang ringan, dialog antar tokoh yang tidak terlalu sulit untuk dipahami dan juga kualitas gambar di dalam manhwa ini membuatku puas ketika menyelesaikannya. Ada beberapa footnote yang menerangkan istilah dan beberapa jenis makanan Korea yang disisipkan penerjemah untuk memudahkan pembaca memahami kosa kata asing. 

Karena buku ini akan segera tamat, aku jadi makin tidak sabar untuk menuntaskan seri init. Aku tidak sabar untuk mengatahui eksekusi Park Hee Jung untuk menuntaskan masalah terakhir Seul Woo. Aku penasaran dengan deut film Seul Woo, dan aku juga tidak sabar meliat perkembangan kedekatan Shin Dong Hee dengan Lee Ok Bong. Aku menantikan interaksi yang lebih diantara mereka. Terlebih ending buku ini yang sangat menggantung, aku harap buku kelima bisa menjawab pertayaanku tentang akhir cerita ini.

I give 4 from 5 for this book.  


Quotes

1.       Kau harus menyelesaikan sendiri masalahmu. Aku nggak bisa bekerja sam adengan orang yang wajahnya kelihatan sekali sedang memiliki masalah. Aku nggak butuh aktor yang nggak bisa menyembunyikan perasaannya. - Sutradara
2.       Kembalilah satu bulan lagi dengan jiwa yang murni. Kalau kau sedang tersenyum, tersenyumlah dari hati. Kalau kau sedang sedih, menangislah sepuas hatimu. Kalau kau mati, kau harus belajar untuk mati dengan gagah berani. Sama seperti makanan yang dimasak hanya dalam waktu 3 menit, lalu segera dihidangkan ketika mendengar suara teng, maka seperti itulah kau setelah mendengaar tanda isyarat, segera menjadi Lee Gyu Jin dan berdirilah di depan kamera. Mengerti? – sutradara
3.       Memang nggak ada yang salah dengan cinta tapi kalau yang berkorban hanya seorang saja ... pasti akan roboh. Dan tentunya akan menjadi penyesalan orang itu sendiri.
4.       Aku puas dengan kehidupanku yang sekarang. Meskipun nggak berjalan dengan baik, aku bisa melakukan apapun yang aku mau. – Shin Dong Hee
5.       Pria hebat itu harus tahu bagaimana menjaga wanitanya untuk selalu berada disampingnya agar kelak bisa membantu menghilangkan pikiran buruku dan memberi kekuatan seperti itu.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...