Sabtu, 17 Oktober 2015

Sekilas Tentang Booth Indonesian Readers Festival (IRF 2014)

Kumpulan Merchendaise dari setiap booth yang mengisi acara IRF 2014.



Selain lokasi yang dipilih cukup strategis di ibu kota, IRF 2014 menghadirkan serangkaian acara yang menarik dengan banyak kegiatan dari tiap komunitas yang hadir. Berikut cuplikan dariku.

Weteros Indonesia 


Behind The Scene booth WesterosID
Komunitas penggemar seri novel fantasi “A Song Of Ice and Fire” karya George R.R Martin yang sudah diangkat menjadi serial TV Game Of Thrones. Belum lama ini mereka baru saja mengadakan nonton bareng perdana Game Of Throne season lima yang ditayangkan di BlitsMegaplex dan membagikan tiket gratis bagi para penggemarnya di twitter.
Twiter @WesterosID





 

Sherlockian Indonesia

Tempat berkumpul para penggemar Sherlock Holmes di Indonesia khususnya serial adaptasi BBC Sherlock. Mereka cukup sering mengadakan event gathering dan acara nonton bareng yang juga diselingi games dan sponsor yang menarik seperti Gramedia, dll. 
Di booth mereka disediakn banner untuk selfie dan beragam produk tema Sherlock yang bisa kalian beli disini.
Merchendaise khas Bennedict


Serapium


Forum tempat anggota Kaskus berdiskusi dan berbagi ulasan. Di event kali ini mereka mengadakan kuis berupa pertanyaan seputar buku-buku baru atau film-film terkenal. Saya cukup mati kutu disini karena saya tidak mengikuti trend film-film yang diadaptasi dari buku maupun tokoh-tokoh dalam buku-buku yang ditanyakan, Padahal hadiahnya bagus dan akhirnya saya hanya mendapat sepucuk stiker dari mereka,
Twitter @kaskus66

Cerita Buku


Buku Gratis di booth Cerita Buku
Di IRF 2014 lalu mereka membagikan buku novel dan non fiksi secara gratis di booth mereka. Mulai dari buku terbaru hingga buku insprisional ada disana. Cukup dengan menuliskan buku yang kalian rekomendasikan beserta alasannya kalian bisa membawa pulang novel yang bisa di pilih sendiri. Semakin awal kalian datang kesempatan memenangkan buku terbaik lebih besar. Buku yang saya rekomendasikan untuk mereka saat itu adalah Rindu karangan Tere Liye.
Twitter @_ceritabuku

7.      





The Mortal Instrument Indonesia


Booth TM Indo at IRF 2014
Tempat berkumpulnya seluruh Shadowhunter penggemar karya Cassandra Clare dan pecinta buku dan film fiksi. Mereka selalu aktif di sosial media dan event festival buku maupun acara nonton bareng. Terakhir kali mereka menjuarai Fantasi Vaganza yang diadakan oleh penerbit buku Mizan Fantasi di JCC Senayan  pada September 2015 lalu. Mereka juga hadir di acara nonton bareng Paper Towns dan Sorch Trial di Cinemax di kawasan Jl. Sudirman Jakarta. 
Challenge from TM Indo

Kedatangan mereka di IRF sangat menyenangkan, Mereka membuat kontes foto di twitter bagi pengunjung yang ingin mendapatkan pin dari mereka. Selain itu juga dijual merchendaise all about The Mortal Instrument disana. 
Bisa dipastikan pulang tidak dengan dengan tangan kosong. Dibawah ini contoh dari buku yang bisa kamu menangkan. Yuk mampir!

Blogger Buku Indonesia


Sebuah komunitas blogger yang mengkhususkan blog-nya pada hal-hal yang berkaitan dengan buku. Berdiri pada 13 April 2011 ia sudah menaungi banyak blogger buku handal didalamnya. Di event IRF 2014 mereka menghadirkan games menarik antara lain melempar bola dari gumpalan kertas yang sudah diberi perekat yang nantinya akan dilemparkan kearah target yang ditentukan. Jika bola mengenai sasaran utama kalian bisa mendapatkan paket buku yang terkenal yang pastinya sangat mereka rekomendasikan untuk dibaca. Jika kalian gagal kalian hanya bisa membawa pulang pembatas buku atau pin saja.
Twitter @BBI-2011

  Cakrawala Gelinjang


  Bookaholic Fund


Temukan mereka di @Bookaholicfund

 Fiksi Metropop


Inilah tempatnya diskusi dan info seputar koleksi buku metropop terbitan Gramedia Pustaka Utama. Disini kalian bisa berbagi info rekomendasi buku metropop terbaru, baca bareng Minjul, mengikuti update buku metropop dan kuis menarik berhadiah novel metropop terbaru di twitter maupun di blog. Di IRF 2014 booth metropop kedatangan Lexie Xu dan Vera Kresna yang mengisi workshop Kisah Remaja. Selain itu di hari berikutnya mereka mengadakan workshop Penulisan Karakter Komik bareng @FazaMeonk creator dari tokoh komik Juki Hoki.
Twitter @fiksimetropop
 
Tokoh Juki ditampilkan saat workshop bersama komikus Faza Meonk.

 

Net Detective Indonesia


Merupakan tempat berkumpul penggemar buku-buku detektif, misteri dan hal-hal yang berbau logika. Di event IRF 2014 mereka memperkenalkan buku pertama mereka Project X yang telah diterbitkan oleh Visimedia kepada pembaca. Sebelum mereka hadir di event ini, Visimedia sempat mengadakan kuis berhadiah buku Project X di twitternya @buku_visimedia.
Buku ini ditulis oleh beberapa anggotNet Detective Indonesia. Di  boothnya juga kedatangan beberapa penulis dari buku ini yang bisa kalian ajak mengobrol maupun minta tanda tangannya.

Visimedia Grup

Merupakan penerbitan yang terdiri dari 6 divisi yaitu Visimedia Pustaka (penerbit buku hukum, fiksi, dan non fiksi), Lintas Kata, Tangga Pustaka, Agromedia, F Media, dan Cikal Aksara. Di event kali ini mereka memberikan brosur yang berisi nama-nama penerbitan yang dinaungi Visimedia Grup dan info menarik bagi kalian yang berminat memiliki naskah untuk diterbitkan oleh mereka. Di booth Visimedia juga diadakan kuis menjawab tantangan Amaizing Race dan memenangkan lucky dip berupa novel terbitan mereka.  
Twitter @Buku_Visimedia

 Gagas Media


Penerbit yang satu ini juga memiliki booth yang menarik dengan menghadirkan penulis Christina Juzwar. Disana Mbak Tina dan peserta lainnya ikut dalam tantangan menulis bareng Christina Juzwar.

Rumah Cerdas Kreatif


Temukan mereka di www.rumahcerdaskreatif.com


Penggemar Novel Fantasi Indonesia

Disingkat PNFI, adalah komunitas novel fantasi yang tidak terbatas yang membicarakan tentang buku-buku fantasi yang akan terbit dan update terbaru lainnya seputar buku dan film fantasi.
Di IRF 2014 mereka membagikan stiker yang bertuliskan quotes bagi para pembaca yang mampir ke booth mereka.
Twitter @Portalfantasi

Femina

Femina sebagai salah satu majalah terkemuka di Indonesia turut  hadir di IRF 2014 dengan kegiatan workshop menulis kuliner. 

IndoHogwarts

Adalah forum yang mengambil setting dunia Harry Potter. Di event kali ini mereka memperkenalkan komunitas mereka dan membagikan pembatas buku bergambar Asrama Hogwarts yang diselingi background langit berwarna putih.
Temukan mereka di www.Indohogwartspg.org

Buku Berkaki

Temukan mereka di bukuberkaki.com
Twitter @Bukuberkaki



Masih ada beberapa booth lainnya yang tidak kalah menarik. Tapi leher saya sepertinya mulai pegal. Kita akhiri saja lah ya. See you on IRF 2015 :) Bye-bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...