Selasa, 22 November 2016

[Review] Simple Thinking About Blood Type 3



Judul : Simple Thinking About Blood Type 3
Penulis : Park Dong-Sun
Penerbit : Haru
Terbit: Cetakan pertama, Mei 2015
ISBN :  978-602-7742-51-2
Rating:  5/5

Sebelum ini saya sudah membaca buku STAB pertama tinggal yang kedua saja yang belum saya punya. yang pertama sudah saya resensi dan kini akhirnya jadilah yang ketiga. Park Dong-Sun, aku makin jatuh cinta dengan karya-karyamu.

Buku ketiga seri Simple Thinking About Blood Type adalah kelanjutan dari empat makhluk lucu dan menggamaskan A, B, O dan AB. Sebagai sebuah refleksi empat manusia dengan masing karakter berbeda. Buku ini mmebagi kisah mereka menjadi empat bagian.

Bagian 1.

Di bagian pertama kita akan memasuki dunia sehari-hari para golongan darah.Misal saat mereka sedang menerima telpon. Si A Kalau ia dihubungi karena telah melakukan kesalahan ia akan segera meminta maaf. Tata krama bicara A juga lembut dan sopan. Jika dibandingkan dengan si B, dia itu ...

O, kalau membuat janji dengan seseorang dia akan menelpon untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana. Si O ini sering bereaksi berlebihan, maka hati-hati saat bicara atau membuat janji dengan si O. Ia tidak akan melupakannya. Sedangkan AB, ia to the point tiap bicara di telpon. Ia bisa merasakan hal ganjil pada lawan bicaranya. Hal lucu lainnya juga terjadi saat mereka diberikan tugas untuk membangunkan orang yang sedang tidur. 

Bagian 2

Di bagian kadua adalah waktunya kembali mengenang masa sekolah. Latarnya ada di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Di bagian episode pertama saya sudah dibikin ngakak dengan aksi si O yang mengejar bus sekolah. Sementara si A malah memperhitungkan kecepatan bus itu, yang menurut AB yang cenderung humanis dan sok tahu menyangkal pemikiran A. Tapi begitulah AB, pendapat dan jalan pikirannya sulit ditebak.

Bagian 3

Di bagian ketiga ini cocok dengan kehidupan orang dewasa. Pengemasan cerita berfokus pada karyawan dengan masing-masing golongan darahnya. Kita akan makin menganal bahwa goldar A berusaha menghindari konflik internal antar karyawan. Ia melakukan pekerjaan yang memang jadi jatahnya dan tidak ingin semua berjalan harmonis.Sebagai bos si A akan lebih respek dan menaruh kepercayaan pada mereka yang sopan dan taat aturan. Goldar B terang-terangan digambarkan sebagai karyawan yang individualis. Ia tidak ingin melibatkan hubungan yang lebih dalam dengan karyawan lainnya. B ini memang idealis dan ingin diapresiasi atas idenya, hal ini membuat ia tampak egois.Untuk si O dan AB silakan baca sendiri, dijamin akan menambah wawasan dan dihibur dengan empat goldar ini.




Bagian 4

Terakhir, bagia keempat bercerita tentang kehidupan dan percintaan. Disini akan ada kehidupan keluarga yang masing-masing penghuninya berbeda tipe goldar. Tapi itulah yang menarik, Mulai dari salah-menyalahkan soal hal sepele saja, misal karena berisik atau ada salah satu anggota yang tidak terima dikritik. yeah, buku ini seperti tonjokan keras untukku. Menyadarkan aku banyak hal yang harus kuubah dalam cara interaksi dan bicaraku. 

Nyonya Kim-Goldar B: "Golongan darah B selalu merasa memulai obrolan."

Penulis : "Oi nyonya Kim, karena nyonya selalu menyela omongan orang lain, mereka menjadi malas dan nggak mau cerita lagi."
Buku ketiga ini sangat cocok dimiliki kalian yang masih belum puas dan selalu haus akan keajaiban dari empat golongan darah. Ada beberapa foto dari pembaca STAB yang dipajang di antara dua bab, bisa jadi itu ada wajahmu disana. Ada beberapa cerita baru yang belum dimuat di buku sebelumnya. yuk lengkapi koleksi STAB ini dan kenali lebih dalam golongan darahmu dan kerabat dekatmu ^,^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...